banner 468x60

Hati-hati, Elektabilitas Ganjar Jadi Sandungan Puan Maharani

banner 160x600
banner 468x60

JAKARTA, BUANATODAY.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa menjadi sandungan bagi Ketua DPR RI Puan Maharani dalam merebut tiket pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dari PDI Perjuangan.

"Ganjar jelas saingan kuat Mbak Puan," ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (11/8/2021).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dianggap kader PDIP potensial di Pilpres 2024/Net

Walaupun, kata Rico, Puan sedikit diuntungkan dengan statusnya sebagai anak dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam perburuan tiket Capres.

"Dari posisi tiket politik, peluang Puan lebih baik ketimbang Ganjar," katanya.

Hanya saja, lanjutnya, PDIP harus cermat dalam melihat dua kader itu. Ganjar unggul jauh dari Puan dari segi elektabilitas yang merupakan salah satu penentu kemenangan Pilpres.

Setidaknya ada tiga tahap penting yang menjadi penilaian figur pas atau tidak untuk diusung dalam Pilpres nanti. Tiga tahap itu adalah popularitas, kesukaan, dan elektabilitas.

"Ganjar sudah di tahap akhir atau punya elektabilitas, sementara Puan belum selesai di tahap pertama," pungkasnya.

Elektabilitas Gubernur Jateng yang juga kader PDIP itu selalu berada di urutan 3 besar, calon presiden yang diharapkan dalam setiap survei yang digelar oleh beberapa lembaga.

Terbaru misalnya, Survei Data Indostrategic orang nomor satu di Jawa Tengah itu berada di urutan ketiga setelah Prabowo Subianto (17.5 persen), Anies Rasyid Baswedan (17 persen), Ganjar mendapatkan keterpilihan 8,1 persen.

Sementara untuk Puan Maharani justru berada di urutan ke 12 dengan perolehan 0,6 persen. Raihan itu jauh di bawah kader PDIP yang juga Mensos RI Tri Rismaharini yang mendapatkan 4,1 persen.

Sumber: RMOL.ID

buanatoday
author
No Response

Leave a reply "Hati-hati, Elektabilitas Ganjar Jadi Sandungan Puan Maharani"